Pejabat

Sejarah

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Medan Business Polytechnic (AMIK MBP) Medan didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 149/D/O/1999 tanggal 06 Agustus 1999 tentang pembukaan program Diploma 3 Program Studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika.

Berkembangnya ilmu komputer dengan konsentrasi pada bidang-bidang tertentu, maka berdasarkan SK Direktur No: 01/SPR.01/I/2006 tanggal 05 Januari 2006, AMIK MBP telah mengubah status Program Studi menjadi Jurusan. Jurusan Manajemen Informatika memiliki Program Studi Manajemen Informatika, dan Jurusan Teknik Informatika memiliki Program Studi Teknik Informatika.

Pada tanggal 31 Mei 2013 telah dilakukan revisi kurikulum yang mengacu kepada kebutuhan pasar, sekaligus penetapan konsentrasi pada masing-masing program studi. Program Studi Teknik Informatika memiliki konsentrasi Multimedia, Web dan Jaringan, sedangkan Program Studi Manajemen Informatika memiliki konsentrasi Manajemen Sistem Informasi Bisnis, dan Komputerisasi Akuntansi.

Akreditasi Program studi Manajemen Informatika memperoleh peringkat B dengan surat SK Akreditasi 017/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/I/2015 masa berlaku 24 Januari 2015 sampai dengan 24 Januari tahun 2020. Akreditasi Program studi Teknik Informatika memperoleh peringkat B dengan surat SK Akreditasi 0036/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/I/2017 masa berlaku 10 Januari 2017 sampai dengan 10 Januari tahun 2022.

Sejak tanggal 30 Juli 2012 AMIK MBP Medan telah melaksanakan kegiatan pelayanan dengan Standard Operational Procedure (SOP) yang mengacu kepada ISO 9001:2008. Selanjutnya pada tanggal 10 Desember 2012 AMIK MBP Medan memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 tentang manajemen mutu dari Verification Newzealand (VNZ).

Pada tahun Akademik 2004/2005 Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) melalui Dirjen Dikti telah memberikan kepercayaan kepada Program Studi Manajemen Informatika AMIK MBP untuk mengelola dana Program Hibah Kompetisi A1 (PHK A1) sebesar Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Tahun 2006 DEPDIKNAS melalui Dirjen Dikti kembali memberikan kepercayaan kepada AMIK MBP untuk mengelola dana PHK Peningkatan Mutu Pembelajaran (PMP) sebesar Rp. 390.000.000 (tiga ratus sembilan puluh juta rupiah).
Tahun 2007 DEPDIKNAS melalui Dirjen Dikti kembali memberikan kepercayaan yang ke III kepada AMIK MBP untuk mengelola dana PHK Teknologi Informasi dan Komunikasi K3 (TIK K3) sebesar Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Pendanaan TIK K3 dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran jarak jauh (distance learning), khususnya berbasis TIK (e-learning) dengan memanfaatkan fasilitas video-conference atau video-streaming.

Pada tahun 2006 AMIK MBP Medan telah membentuk sebuah unit untuk melakukan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPMPT) yang berfungsi untuk mengawasi kinerja dari setiap sistem dalam pelaksanaan kegiatan mutu akademik. Unit ini telah megikuti pelatihan monitoring dan evaluasi internal Perguruan Tinggi Swasta se Indonesia yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti pada tanggal 27 April 2006 di Jakarta.

Pada tahun 2017 AMIK MBP Pemerintah memberikan bantuan melalui hibah PP-PTS (Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta) Tahun anggaran 2017 sebesar 600.000.000 (Enam ratus juta rupiah). Bantuan dana tersebut untuk program peningkatan mutu pembelajaran melalui kegiatan pengembangan mutu sarana pembelajaran. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan mutu pembelajaran dan kompetensi lulusan.

AMIK MBP terus berbenah diri dengan melakukan kegiatan tracer study dan kerjasama dengan beberapa instansi (pengguna lulusan), perguruan tinggi yang sejenis, alumni untuk kegiatan revisi kurikulum. Pada tahun 2018 Program Studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika melaksanakan revisi kurikulum.

Peranan

Dalam era globalisasi ini semua organisasi besar untuk berbagai bidang usaha membutuhkan tenaga kerja yang menguasai teknologi informasi.

Selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional di bidang komputer khususnya di wilayah Sumatera Utara yang semakin berkembang infrastrukturnya maka dianggap perlu untuk mendirikan Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi.

Untuk mengantisipasi minat dan kebutuhan akan pelayanan jasa pendidikan tinggi di bidang ilmu komputer tersebut maka Akademi Manajemen Informatika Komputer Medan Business Polytechnic (AMIK MBP) didirikan sebagai perguruan tinggi swasta yang akomodatif terhadap tuntutan dan kepentingan masyarakat serta dunia kerja dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi.

Pengembangan fungsi dan peranan AMIK MBP Medan sebagai penyelenggara pendidikan tinggi dengan tujuan dapat memberi manfaat secara nyata, untuk memberi kesempatan yang seluas-luasnya dan memenuhi minat, kebutuhan, dan kepentingan masyarakat, khususnya para lulusan SLTA di bidang jasa pendidikan tinggi dengan profesional khusus ilmu komputer.

Dalam meningkatkan peranannya sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, Akademi Manajemen Informatika Komputer Medan Business Polytechnic (AMIK MBP) Medan mengemban serangkaian fungsi sesuai dengan Visi dan Misi AMIK MBP Medan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan siap pakai serta mampu bersaing di era informasi saat ini.

Motto

Mencerdaskan Bangsa Bersama Kami.

Visi

Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi yang Unggul di Bidang Informatika untuk Tingkat Nasional pada Tahun 2028.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang informatika berbasis teknologi pembelajaran modern melalui sistematika pengajaran yang dapat mendorong pengembangan potensi mahasiswa secara optimal.
  2. Melakukan penelitian dasar dan terapan bidang informatika dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk ikut serta dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat dengan mengedepankan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut menyelesaikan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Membina hubungan kerjasama dengan pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan lembaga pendidikan dalam upaya meningkatkan kompetensi lulusan yang dapat di dharmabaktikan kepada masyarakat.
  5. Menyelenggarakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan dan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing.
  6. Menyelenggarakan tata pamong dan tata kelola yang berkelanjutan didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan otonomi pergurun tinggi berdasarkan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkepribadian yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informatika serta dapat bersaing di tingkat Nasional.
  2. Mewujudkan proses pendidikan yang searah dengan perkembangan kebutuhan pasar, guna memberdayakan lulusan yang mampu memecahkan masalahnya secara mandiri dan berkelanjutan di masyarakat.
  3. Menghasilkan publikasi nasional dan internasional yang inovatif seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi teknologi terapan.
  4. Terselenggaranya layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut menyelesaikan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  5. Terlaksananya kerjasama kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta lembaga pendidikan dalam meningkatkan kompetensi lulusan yang dapat di dharmabaktikan kepada masyarakat.
  6. Mewujudkan kemandirian Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan dan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing.
  7. Terwujudnya tata pamong dan tata kelola yang berkelanjutan didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan otonomi pergurun tinggi berdasarkan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Untuk mencapai sasaran yang tertuang dalam visi dan misi, maka pencapaian dibagi dalam tiga tahap dimana setiap tahap disusun sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan :

  • Tahapan pertama disusun untuk lima tahun awal yaitu tahun 2014-2018 yang ditekankan pada penguatan internal institusi
  • Tahap kedua (2019-2023) adalah dengan sasaran penguatan Eksternal Institusi
  • Tahap ketiga (2024-2028) adalah untuk peningkatan daya saing secara nasional dalam penguatan daya saing bangsa.

Untuk mencapai sasaran disusun dalam bentuk perencanaan yang tertuang dalam Rencana Induk. Pengembangan yang dijabarkan dalam Rencana Strategis dan Rencana Operasional AMIK MBP. Untuk mendukung pencapaian di atas, pengelola AMIK MBP Medan diupayakan untuk melakukan peningkatan mutu dan kerja sama dengan masyarakat dan pihak lain (Instansi swasta dan instansi Pemerintah).

Lambang

Keterangan logo here

Struktur Organisasi

Gambar Struktur Organisasi here

Prestasi

Daftar Prestasi here

Kerjasama

Daftar kerjasama here